Spesifikasi Drone Cheerson CX-43 - Wifi-FPV Plus Optical Flow Sensor


Pilihan aksesori dalam tiap pembelian drone mungkin bisa jadi solusi untuk tiap pembeli sehingga mereka bisa mendapatkan drone sesuai dengan budget yang mereka miliki pada saat membeli drone. Namun kebanyakan drone memiliki 1 paket dengan harga tetap dan tidak bervariatif, kecuali kalau ada seller yang menambahkan isi paket seperti terdapat baterai cadangan misalnya, maka harga yang ditawarkan juga bisa dirasa lebih murah, karena dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun anda akan mendapatkan baterai cadangan yang dimana mungkin baterai itu juga termasuk susah kalau anda cari di onlineshop secara retail. Tentu kalau hanya ingin membeli 1 atau 3 buah baterai langsung dari pabriknya, prosedurnya tidak akan semudah anda membeli di toko retail.



Spesifikasi Drone Cheerson CX-43 - OmahDrones


Nah, kali ini, Cheerson memberikan keleluasaan bagi anda, yang ingin membeli drone dengan aksesori yang memiliki total 7 macam varian dari versi drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. drone dari Cheerson ini memiliki nama panjang Cheerson CX-43. Tidak panjang sebenarnya, selain drone ini memiliki 7 macam varian, di bagian rancangan drone ini dia sudah foldable arm, yang artinya ke empat lengan dari quad-copter ini bisa anda lipat sehingga dapat memudahkan anda ketika membawa drone ini. yang unik lagi adalah desain propellernya, dimana propeller belakang menghadap keatas, dan propeller bagian depan menghadap ke bawah. Drone ini mungkin masih sekelas dengan Eachine E58 yang mirip mavic, atau JD20 yang mirip Spark, namun kalau menurut admin, drone ini bahkan lebih bagus lagi, karena Cheerson CX-43 memiliki varian yang memiliki Optical Flow Sensor, sehingga walau tanpa GPS, drone ini dapat mempertahankan posisinya dalam ketinggian maksimal 8 meter.



Sensor Optical Flow yang menghadap kebawah, akan melihat citra permukaan dan akan diproses untuk tidak bergeser dari citra pertama, kecuali anda gerakkan dengan remote, maka drone akan terlihat anteng ketika berada di ketinggian antara 1 – 8 meter, namun untuk amannya, terbang dalam ketinggian 5 meter saja untuk mendapatkan ke stabilan sensor optical flow nya. Untuk fitur yang ditawarkan, seperti pada informasi yang kami dapatkan, Cheerson CX-43 memiliki fitur seperti:
  • Real-time video transmission thanks to the WiFi camera ( optional )
  • Altitude hold: for a stable flight and to shoot clear photos
  • Voice control mode: control the flight direction by voice
  • Waypoints: draw a flight line on the APP interface
  • Selfie mode: the drone automatically fly around you 180-degree
  • One key takeoff / landing function
  • APP download: QR code scanning on the manual


Spesifikasi Drone Cheerson CX-43 - OmahDrones



Spesifikasi lengkap dari Cheerson CX-43, dapat anda simak dibawah ini:
Brand: Cheerson
Type: Cheerson CX-43
Features: Camera, Radio Control, WiFi APP Control, WiFi FPV
Size: Small
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control,WiFi Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle), WiFi APP
Compatible with Additional Gimbal: No
Transmitter Power: 2 x AAA battery (not included)
Battery: 3.7V 500mAh
Flying Time: 7~8mins
Charging Time: 60mins
Radio control distance: 40m
FPV distance: more than 50m


Spesifikasi Drone Cheerson CX-43 - OmahDrones


Cheerson CX-43 mendapatkan baterai tipe proprietary atau baterai desain khusus yang hanya bisa dipasang pada drone Cheerson CX-43 saja. spesifikasi baterainya dia memiliki tegangan 3.7 Volt dengan kapasitas sebesar 500 mAh. dengan baterai ini anda bisa terbang maksimal selama 8 menit dalam situasi dan kondisi tertentu, karena lama terbang juga tergantung dengan cara terbang anda. Nah, karena baterai ini bukan baterai universal, maka untuk membeli baterai cadangannya juga tidak semudah menemukan baterai universal, maka ketika ingin membeli drone Cheerson CX-43, coba anda Tanya ke penjual apakah dapat baterai cadangan atau tidak. Meski mendapat baterai cadangan atau tidak, anda tetap harus mempergunakan serta merawat baterai dengan benar, cara sederhananya adalah ketika habis terbang, sebelum di recharge tunggu dulu hingga suhu baterai jadi normal, baru anda bisa recharge seperti biasa.



Bentuk dari Transmitter atau unit kendalinya, seperti pada micro drone nya cheerson CX-10WD, dengan transmitter model ini, anda tidak bisa berharap untuk dapat menerbangkan dengan jarak yang jauh, meski Cheerson berkata kalau jarak maksimalnya 40 meter, namun dari pengalaman admin dengan remote model ini anda bisa meraih jarak hingga 60 meter. Karena drone ini seperti tipe drone selfie ber Optical Flow Sensor, maka sebenarnya anda juga tidak perlu terbang jauh – jauh. Sumber tenaganya pun juga masih seperti Transmitter untuk CX-10WD, yakni hanya dengan 2 buah baterai ukuran AAA saja. di remote ini anda juga bisa memasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda sebagai monitor FPV.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-43 - OmahDrones


Nah, sebelumnya tadi admin berkata kalau Cheerson CX-43 ada 7 varian kan? Varian tersebut bisa anda lihat pada tabel dibawah ini:

Camera Oprical Flow Sensor
Varian 1 no no
Varian 2 480p no
Varian 3 720p no
Varian 4 1080p no
Varian 5 480p yes
Varian 6 720p yes
Varian 7 1080p yes

Karena kameranya bersifat modular, jadi bisa dengan mudah anda lepas pasang untuk memasang microSD juga, maka dari itu anda bisa mendapatkan 7 varian untuk drone ini, dan optical flow sensornya juga jadi 1 modul dengan kamera, sehingga anda bisa mendapatkan drone Cheerson CX-43  sesuai budget anda. Meski tetap saja admin merekomendasikan untuk versi Optical Flow supaya dapat terbang stabil di ketinggian 5 meter. Anda juga bisa langsung Wifi-FPV dengan menggunakan aplikasi dari Cheerson yang anda hubungkan ke wifi pada drone. Dan video atau foto yang anda ambil, akan tersimpan dalam memori yang anda pasang di kamera drone, sehingga video yang anda dapatkan akan terbebas dari Lag seperti frame freezing atau frame dropping. Video yang dihasilkan memang belum 30fps pada kamera 1080p, namun mungkin kalau anda mengambil kamera yang 480p mungkin anda akan mendapatkan 30fps sehingga gambar akan terlihat lebih halus pergerakannya.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-43 - OmahDrones


Tiap pembelian drone Cheerson CX-43, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x RC Drone ( Battery Included ),
1 x Transmitter ( No Battery ),
4 x Propeller Protection Cover,
1 x USB Cable,
2 x Propeller,
1 x Screwdriver,
1 x English Manual



Mungkin kesimpulan admin untuk drone Cheerson CX-43 dengan banyaknya varian, namun tetap saja kalau admin lebih memilih Cheerson CX-43 dengan kamera 720p dan optical flow sensor, karena kita tidak bisa berharap banyak untuk kamera drone kelas toys seperti ini, minimal 480p dan maksimal 720p saja sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan hasil maksimal dari kamera drone kelas toys seperti ini. karena walau bagaimanapun anda tetap tidak bisa mendapatkan hasil kamera yang benar – benar jernih, karena sensor yang digunakan oleh drone – drone kelas toys umumnya kamera ringan dengan daya tangkap gambar yang biasa saja.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-43 - OmahDrones


Sedangkan untuk harganya, Cheerson CX-43 dibandrol dengan harga yang bervariasi karena memang banyak variannya, namun rata – rata drone ini dijual seharga 50USD atau setara juga dengan Rp 700.000,-an memiliki fitur yang banyak, drone ini masih termasuk drone dibawah satu juta, apakah Cheerson CX-43 bisa menyaingi rivalnya, kalau disini admin bandingkan dengan Eachine E58 atau JD20, bagaimana menurut anda?